Daftar Lengkap Nama-Nama Kampus Negeri Di Papua

Daftar Lengkap Nama-Nama Kampus Negeri Di Papua-Provinsi ini merupakan provinsi terluas di Indonesia dan pulau terbesar ke dua di dunia dengan luas 808.105 KM persegi. Batas wilayah Papua adalah di sebelah utara berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik di sebelah selatan dengan Samudera Hindia, Laut Arafuru, Teluk Carpentaria, Australia, di bagian barat berbatasan dengan Papua Barat, Kepulauan Maluku dan di bagian timur berbatasan dengan Papua Nugini. Hari Jadi Provinsi ini adalah pada tanggal 1 Mei 1963 (direbut dari Belanda) dengan kota Jayapura sebagai Ibukota. Penduduk berjumlah 2.831.381 jiwa (Tahun 2010 menurut Sensus Penduduk)dan Kepadatan mencapai 9.1/km2 atau 24/sq mi. Provinsi yang mempunyai Semboyan : Karya Swadaya ini mempunyai asal usul yang sangat panjang terkait penamaan Pulau Papua.

Lambang Papua
Pendidikan di Papua masih begitu suram dan belum maksimal, entah sampai kapan Provinsi ini akan maju dalam bidang Pendidikan meskipun ditahun ini banyak masyarakat Papua yang sudah bersekolah tinggi, bahkan hingga menjadi profesor dan doktor, namun realitas itu belum menggambarkan kondisi nyata wajah pendidikan di Papua.

Pendidikan di Papua masih didera masalah klasik. Antara lain ketersediaan guru yang sangat minim dan tidak merata, banyak siswa kelas enam SD yang belum mampu membaca,  minimnya fasilitas penunjang,  serta masih rendahnya kualitas lulusan. Sebetulnya masih banyak lagi faktor-faktor yang membuat pendidikan di  Papua belum bisa maju. Namun disejumlah kota di Papua sudah ada perguruan tinggi negeri ternama di antaranya adalah sebagai berikut

Daftar Lengkap Nama-Nama Kampus Negeri Di Papua

1. Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura

Logo Universitas Cenderawasih (Uncen), Jayapura

2. Universitas Musamus Merauke, Merauke

Logo Universitas Musamus Merauke, Merauke

Papua masih memiliki peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan maka diharapkan, penyelenggaraan pendidikan Papua terutama di Sekolah Dasar (SD) yang berada di daerah perdalaman dan terpencil bisa mampu menjembatani kesenjangan budaya di dalam keluarga dan masyarakat dengan budaya belajar di sekolah. Kita juga merasakan bahwa sampai saat ini kita dalam pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa dan sastra masih terbatas. Mungkin sekian info mengenai Daftar Lengkap Nama-Nama Kampus Negeri Di Papua yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Daftar Lengkap Nama-Nama Kampus Negeri Di Papua"

Posting Komentar