Profil Universitas Udayana Bali

Profil Universitas Udayana Bali-Jika kita mendengar sebutan Bali, maka tidaklah asing di telinga kita, bagaimana tidak salah satu pulau yang terkenal akan keindahan alam dan budaya hingga di pelosok dunia. Perlu kita ketahui, selain menawarkan keindahan alamnya, Bali juga tak ketinggalan dalam sektor pendidikannya. Salah satunya adalah, Universitas Udayana. Universitas yang berdiri sejak tanggal 29 September 1958.

Profil Universitas Udayana Bali
Foto : http://www.unud.ac.id/
Profil Universitas Udayana Bali
Foto : http://www.unud.ac.id/
Udayana merupakan kampus negeri di indonesia tertua di provinsi bali. Fakultas Sastra Universitas Udayana atau Unud ini merupakan cabang dari Universitas Airlangga Surabaya yang merupakan fakultas embrio (mungkin). Mungkin ini menunjukkan di Bali cabang ilmu pertama kali yang berkembang adalah ilmu yang berkaitan dengan budaya (baca: sastra) sesuai peran budaya dalam kehidupan masyarakat Bali? Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan profil singkat dari Universitas Udayana Bali yang secara tidak langsung akan menjawab pertanyaan tersebut.

Logo Universitas Udayana Bali

1. Profil Universitas Udayana Bali

Universitas Udayana secara sah berdiri pada tanggal 17 Agustus 1962 dan merupakan perguruan tinggi tertua di daerah propinsi Bali. Tetapi sebelumnya, sejak tanggal 29 September 1958 di Bali sudah berdiri sebuah fakultas yang bernama Fakultas Sastra Udayana sebagai cabang dari Universitas Airlangga Surabaya. 

Fakultas Sastra Udayana yang merupakan embrio dari Universitas Udayana secara resmi diakui sebagai bagian Universitas Airlangga sejak 1 Januari 1959. Peresmian Fakultas Sastra Udayana mempunyai arti yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Universitas Udayana. Pada awal tahun 1960-an masyarakat Bali mengidam-idamkan adanya sebuah Perguruan Tinggi di daerah ini. Untuk mewujudkan keinginan masyarakat tersebut maka pada tanggal 12 Mei 1961 diadakanlah pertemuan di antara tokoh-tokoh pendidikan, para pejabat daerah dan pemuka masyarakat. Pertemuan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Purbatjaraka yang dibantu oleh seorang sekretaris yaitu Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Itulah sekilas profil terdahulu Universitas Udayana, yang menjawab pertanyaan diatas. Baiklah, dibawah ini akan saya berikan Info mengenai Universitas Udayana


Didirikan 29 September 1962
Jenis Perguruan Tinggi Negeri
Rektor Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD (2013-2014)
Alamat Kampus Bukit Jimbaran Badung-BALI
Telepon (0361) 701954, 701812, 704845
Website www.unud.ac.id
Email info@unud.ac.id

Fakultas dan Prodi Yang tersedia di Unad

Universitas Udayana memiliki 13 fakultas dari Diploma III, Strata I, Magister Hingga Doktoral. Berikut daftar Fakultas dan Prodi yang ada di Universitas Udayana :

1. Fakultas Satra Dan Budaya
  1. Sastra Indonesia
  2. Sastra Ingsris
  3. Sastra Daerah
  4. Sastra Jepang
  5. Antropologi
  6. Arkeologi
  7. Sejarah
2. Fakultas Kedokteran
  1. Pendidikan Dokter
  2. Psikologi
  3. IKM
  4. Ilmu Keperawatan
  5. PS. Fisioterapi
  6. Dokter Spesialis
3. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  1. Ekonomi Pembangunan
  2. Ekonomi Akutansi
  3. Ekonomi Manajemen
4. Fakultas Hukum
  1. Ilmu Hukum
5. Fakultas Kedokteran Hewan

6. Fakultas MIPA
  1. Biologi
  2. Kimia
  3. Matematika
  4. Fisika
  5. Farmasi
  6. Ilmu Komputer
7. Fakultas Teknik
  1. Fakultas Mesin
  2. Fakultas Arsitektur
  3. Teknik Sipil
  4. Fakultas Elektro Dan Informatika
  5. PS. Teknologi Informasi
8. Fakultas Teknologi Pertanian
  1. Ilmu dan Teknologi Pangan
  2. Teknologi Pertanian
  3. Teknik Pertanian
9. Fakultas Pariwisata
  1. Destinasi Pariwisata
  2. Industri Perjalanan Pariwisata
  3. Diploma IV Pariwisata
10. Fakultas Fisip

11. Fakultas Pertanian

12. Fakultas Peternakan

13. Fakultas Perikanan Dan Kelautan

Bagi Anda yang hendak ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Udayana, silahkan anda bisa hubungi langsung websitenya di www.unud.ac.id  untuk informasi lebih lanjutnya. Mungkin hanya itu saja yang bisa admin Info Kampus Terbaru bagikan. Jika ada pertanyanyaan seputar Kampus bisa di tanyakan di kolom komentar yang sudah kami sediakan. Semoga menambah referensi anda dalam memilih kampus di Bali khususnya di Universitas Udayana.

3 Responses to "Profil Universitas Udayana Bali"

  1. Saya sangat senang bisa memdaftar di Universitas Udayana karena UNUD memiliki sejarah berdirinya Universitas ini dan potensi yang dimiliki oleh UNUD, tentang pendidikan dan kualitas sangatlah 100% mahasiswa disana Pintar Pintar saya harap saya juga bisa di terima disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya mau bertanya, di UNUD adakah kelas karyawan bagi mahasiswa? Terimakasih, semoga dijawab :)

      Hapus
  2. Mohon maaf saya mau menanyakan email resmi universitas ini karna ada yang perlu saya tanyakan,, mohon dijwab, terimakaih banyak.

    BalasHapus